Kapan Saat nya Isi Freon AC



Sebenarnya AC tidak perlu ditambah freon jika tidak terdapat kebocoran pada instalasi AC.Freon bukan obat yang akan habis. Freon adalah zat perantara untuk menyimpan panas.
Pada indoor (evaporator) panas dari dalam kamar diserap oleh freon dan dibawa keluar ke outdoor unit. Di sana panas akan dilepas ke udara melalui kondenser dengan bantuan kipas pada outdoor unit, Kurang dinginnya AC setelah lama tidak diservice umumnya karena saringan filter udara sudah penuh dengan debu, yang mengakibatkan debit volume udara yang mengalir melalui AC untuk proses pendinginan menjadi lebih kecil. Tindakan yang harus dilakukan sendiri oleh konsumen adalah membersihkan filter udara pada AC 1 bulan sekali.

Teknisi AC sering melaporkan kurang freon dan menawarkan untuk menambah freon dengan tambahan biaya 75rb - 100rb. Faktanya kebanyakan semua itu hanya untuk mencari uang tambahan. Seandainya freon memang benar kurang dari semestinya, maka harus dicari dulu penyebabnya, dalam arti letak kebocorannya. Diperbaiki dulu baru ditambah freonnya.
Sebagai informasi, tekanan balik pada kompresor saat bekerja, pada AC yang menggunakan refrigerant R22, harus 80psi (jika diukur dengan pressure gauge)Tapi umumnya tekanan diukur dengan manifold, normalnya berkisar 65-70psi.


Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Anak Na Lilu

Lirik Lagu Batak

ISTILAH DAN NAMA-NAMA WAKTU, HARI, DAN BULAN DALAM BAHASA BATAK (TOBA)