Menghemat Biaya Listrik Rumah

Setiap bulan biaya pengeluaran listrik di rumah sering membengkak? Kita bisa menghemat pengeluaran dengan mengubah kebiasaan kecil. Beberapa kebiasaan seperti lupa mematikan lampu bisa membuat bengkak tagihan listrik kita. Simak trik menghemat tagihan listrik berikut ini:

  • Cabut kabel dari stop kontak
Jika sudah tidak digunakan lagi, segera cabut kabel dari stop kontak. Sebab, arus listrik akan tetap mengalir pada peralatan yang masih terpasang pada stop kontak. Oleh karena itu, biasakan untuk selalu mencabut kabel yang sudah tidak terpakai.

  • Mengakali pendingin ruang (AC)
Coba untuk mengganti budaya memasang temperatur AC di bawah 24 derajat celcius. Temperatur ideal 24 -25 derajat celcius dapat berpeluang mengirit listrik setiap bulan. Sebab, setiap kita mengurangi temperatur 1 derajat celcius untuk AC, konsumsi listrik akan naik sebanyak 6 persen. Selain itu, biasakan juga untuk secara rutin membersihkan filter, kondensor,  juga koil AC. AC kotor merupakan inefisiensi energi.

  • Efisiensi Jadwal
Aturlah jadwal pemakaian peralatan listrik pada kegiatan rumah tangga. Misalnya seperti membuat jadwal mencuci setiap tiga hari sekali atau menyetrika pakaian sekaligus dalam waktu dua hari sekali. Selain itu, usahakan untuk tidak membuka atau menutup pintu kulkas terlalu sering. hal ini juga dapat memboroskan penggunaan listrik.

  • Matikan lampu dan elektronik
Biasakan untuk mematikan lampu dan alat elektronik yang tidak terpakai saat meninggalkan ruangan. Optimalkan penggunaan cahaya matahari sehingga tidak perlu menyalakan lampu di siang hari. Matikan lampu di beberapa ruangan saat malam hari untuk menghemat biaya. Pada saat kita hendak tidur maka kita sudah tidak lagi melakukan aktiftas yang butuh penerangan ataupun barang elektronik lainnya. Karena itu bila hendak tidur biasakan mematikan lampu dan peralatan yang tidak dipergunakan.

  • Peralatan memasak yang sederhana
Peralatan memasak sederhana biasanya lebih efisien. Contohnya, gunakan pemanggang daripada pemanggang listrik. Selain itu pakai microwave daripada oven utama. Cara ini dapat menghemat daya listrik dan jauh lebih hemat.

  • Gunakan laptop
Laptop lebih hemat listrik dibandingkan dengan desktop. Maka bila pekerjaan kita tidak terlalu menuntut spesifikasi tinggi maka tidak ada salahnya untuk memilih laptop. Seandainya kebutuhan desktop tidak terhindari karena berbagai faktor, maka pertimbangkan untuk membeli desktop dengan konsumsi energi yang rendah.

Nah, jika sudah mengetahui trik untuk menghemat listrik, pembayaran listrik pun kini dapat dibayarkan realtime dan sangat mudah dengan menggunakan loket pembayaran online atau Payment Point Online Bank (PPOB) yang realtime lewat loket-loket Fastpay. Selamat berhemat! :)

Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Anak Na Lilu

Lirik Lagu Batak

ISTILAH DAN NAMA-NAMA WAKTU, HARI, DAN BULAN DALAM BAHASA BATAK (TOBA)