Modem FSK

Frequency-shift Keying (FSK) adalah suatu metoda pengiriman sinyal secara digital. Dua keadaan biner, logik 0 (low) dan logik 1 (high) direpresentasikan kedalam bentuk gelombang analog. Logik 0 direperesentasikan oleh gelombang pada frekuensi tertentu dan logik 1 direpresentasikan oleh gelombang pada frekuensi tertentu yang berbeda dengan keadaan pada logik 0.

Modem berfungsi untuk mengubah data biner dari komputer ke FSK untuk tranmisi melalui saluran telepon, kabel, optical fiber, atau media wireless. Modem juga dapat berfungsi untuk mengubah sinyal FSK yang diterima oleh penerima ke dalam bentuk digital low dan high yang dapat dimengerti oleh computer.
  1. Modulator FSK
    Modulasi adalah proses menumpangkan sinyal informasi pada sinyal lain yang memiliki frekuensi lebih besar. Proses modulasi dilakukan untuk memudahkan proses transmisi, sehingga didapat efisiensi perangkat transmisi serta jarak jangkauannya juga akan lebih jauh. Modulasi terdiri atas dua macam, yaitu modulasi sinyal analog dan modulasi sinyal digital. Modulasi analog adalah, menumpangkan sinyal informasi dalam bentuk analog kedalam sinyal pembawa yang juga dalam bentuk sinyal analog. Contohnya modulasi FM. Sedangkan modulasi digital adalah menumpangkan sinyal informasi dalam bentuk digital kedalam sinyal pembawa yang dalam bentuk sinyal analog. Contohnya adalah modulasi FSK Contoh aplikasi modulasi adalah modem (modulator/demodulator) untuk mengirimkan sinyal digital dari komputer melalui media gelombang radio yang hanya dapat dilewati oleh sinyal analog.

    Modulasi Frequency Shift Keying (FSK) adalah modulasi yang menyatakan sinyal digital 1 (biasa disebut sebagai fekuensi mark) sebagai suatu nilai tegangan dengan frekuensi tertentu (misalnya fm = 1300 Hz), sementara sinyal digital 0 (biasa disebut sebagai frekuensi space) dinyatakan sebagai suatu nilai tegangan dengan frekuensi tertentu yang berbeda (misalnya fs = 2100 Hz). Gambar 1 memperlihatkan bentuk sinyal input dan sinyal output dari Modulator FSK.


    Gambar 1. Input dan Output Modulator FSK


    Modulasi FSK memiliki persamaan matematis sinyal binary yaitu:


    dimana:
    V(t) = gelombang FSK
    Vc = amplitude carrier tanpa modulasi
    ωc = frekuensi carrier dalam radian
    Vm(t) = sinyal pemodulasi digital
    Δω = perubahan frekuensi Ouput dalam radian

    Amplitudo carier Vc tetap konstan. Sedangkan frekuensi carier radian output ωc berubah-ubah sebesar ± Δω/2. perubahan frekuensi tersebut sebanding dengan amplitude dan polaritas sinyal input biner. Modulator FSK direalisasikan dengan VCO (Voltage Control Oscilator). Frekuensi output VCO jika sinyal input berlogika satu adalah fm dan jika berlogika nol adalah fs.

    Laju perubahan sinyal input disebut bit rate (bps) sedangkan laju perubahan sinyal output (FSK) disebut baud rate (symbol/sec). Untuk system FSK bitrate sama dengan baud rate.

    Indeks modulasi sinyal FSK adalah :


    dimana:
    MI = Indeks Modulasi (tanpa satuan)
    Δf = deviasi frekuensi (Hz)
    fa = frekuensi pemodulasi

  2. Demodulator FSK
    Fungsi demodulator FSK adalah untuk mengubah sinyal analog kedalam sinyal digital yang berasal dari Radio Transceiver sebelum masuk ke Port Serial Komputer. Prosesnya disebut demodulasi.

    Deteksi sinyal FSK biasa menggunakan PLL (phase looked loop). PLL merupakan rangkaian osilator yang terkontrol, dalam hal ini yang terkontrol adalah pada bagian keluaran yang berupa frekuensi, sehinga dengan menggunakan PLL ini frekuensi keluaran menjadi konstan. Frekuensi input PLL ini berubah-ubah antara fm dan fs. Tegangan error DC Ouput komparator phasa mengikuti perubahan dari frekuensi input. Gambar 2. memperlihatkan diagram blok dari Demodulator FSK dan Gambar 3 memperlihatkan sinyal input dan sinyal output dari Demodulator FSK.


    Gambar 2. Diagram Blok Demodulator FSK



    Gambar 3. Input dan Ouput Demodulator FSK


Sumber:
REALISASI SISTEM LAYANAN PEMESANAN MAKANAN DAN MINUMAN MENGGUNAKAN TRANSMISI RADIO TRANSCEIVER PADA BAGIAN KASIR
(REALIZATION SYSTEM OF SERVING IN ORDERING FOOD AND DRINK BY USING RADIO TRANSCEIVER TRANSMITION AT CASHIER)
RIZA M TAUFIQ (111078087)
Library IT TELKOM Bandung

Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Anak Na Lilu

Lirik Lagu Batak

LIRIK LAGU BATAK II