RUNNING TEXT PAKAI SMS


ABSTRAK
            Alat ini dirancang untuk  menampilkan  informasi  menggunakan handphone (HP) memanfaatkan fasilitas sort message service (SMS). Data sms yang dikirim dari HP tertentu ke HP penerima akan ditampilkan pada running text. Tampilan running text ini dapat dibaca oleh kalayak ramai, sehingga  informasi dapat cepat sampai tujuannya. Umumnya informasi yang disampaikan berupa iklan, atau informasi yang lainnya. Penempatan running text dapat di tempatkan pada papan pengumuman, luar gedung, jalan raya, pasar dan lainnya bergantung kebutuhan.
            Alat ini menggunakan HandPhone (HP) Siemens M45. Dalam sistem ini data yang di tampilkan pada running text diisi melalui sms. Pada saat Handphone Siemens M45 menerima pesan (SMS).Maka transistor BC 547 akan mendapat logic 1 dan mengarahkan posisi switching ke Handphone (Hp), dan megambil data. Data yang diterima akan dibandingkan tiap karakter dengan data yang ada dalam program dan mengkonversikan data PDU ke Hexsadesimal. Setelah data dikonversikan maka posisi switching berpindah ke driver disply dan siap untuk ditampilkan. Data yang dikirim berupa huruf dan angka dan tidak boleh menggunakan symbol-simbol yang lain. Data yang ditampilkan pada running text adalah data terahir yang diterima oleh handphone(HP), data sebelumnya akan tergeser serta tidak ditampilkan lagi. Data yang ditampilkan akan terus berulang sebelum ada data yang baru diterima.
Kata Kunci :   Karakter berjalan, Short Message Service (SMS), Komunikasi.



 BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Disaat teknologi elektronika berkembang pesat dengan segala kemudahan yang ditawarkan yang salah satunya adalah sistem pengontrolan dan pengaturan peralatan yang menjadikan manusia serba mudah dan efisien maka kita perlu mengetahui sistem apa dan bagaimana proses pengendalian dari sistemnya.
SMS merupakan salah satu layanan pesan teks yang dikembangkan dan distandarisasi oleh suatu badan yang bernama ETSI (European Telecommunication Sandarts Institute) sebagai bagian dari pengembangan GSM phase 2, yaitu terdapat pada dokumentasi GSM 03.40 dan GSM 03.38. Fitur SMS ini memungkinkan perangkat stasiun seluler digital untuk dapat mengirim dan menerima pesan-pesan eks sampai dengan 160 karakter melalui jaringan GSM.
Dengan fakta bahwa  layanan SMS (melalui jaringan GSM) mendukung jangkauan/jelajah nasional dan internasional dengan waktu keterlambatan yang sangat kecil, memungkinkan layanan SMS cocok untuk dikembangkan sebagai aplikasi-aplikasi seperti : pager, e-mail,dan notifikasi voice mail. Serta layanan pesan banyak pemakai (multiple users). Namun pengembangan aplikasi tersebut masih bergantung pada tingkat layanan yang disediakan oleh operator jaringan.
 Dengan memanfaatkan teknologi fitur SMS, dapat dikembangkan suatu  alat yang dapat mengisi data ke running text. Berdasarkan uraian diatas, penulis membuat suatu tugas akhir yang berjudul “PERANCANGAN PENAMPIL RUNNING TEXT DATA DIISI VIA SMS BERBASIS MIKROKONTROLER AT 89S52”. Dalam sistem ini kita bebas menampilkan kata-kata atau kalimat yang diinginkan hanya dengan mengirim sms ke nomor handphone pada sistem.
            Dengan adanya sistem tersebut juga memudahkan dalam penyampaiaan informasi dan pengisisan data pada running text yang digunakan khususnya pada bidang periklanan. Cukup dengan mengirim sms maka secara otomatis isi running text diganti dengan isi sms. Jadi kita tidak perlu mengubah/mengganti isi text tersebut dengan menggunakan PC (Processor). Jadi dengan sistem ini kita dapat menghemat waktu, tenaga, dan ongkos kerja/upah.

1.2 Tujuan
            Adapun tujuan penulisan proposal tugas akhir ini adalah :
a.      Dapat menyampaikan informasi melalui SMS yang ditampilkan pada Runnig Text yang dapat dibaca khalayak ramai;
b.      Memudahkan komunikasi satu arah dalam menyampaikan informasi;
c.      Dapat mengembangkan dan mengaplikasikan ilmu yang diperoleh penulis selama duduk di bangku perkuliahan
1.3 Batasan Masalah
            Untuk mendapatkan pembahasan semaksimal mungkin dan mengingat banyaknya permasalahan yang dihadapi penulis dalam menyelesaikan proyek Tugas Akhir ini, maka batasan masalah yang akan diuraikan dalam Laporan Tugas Akhir ini sangat dibutuhkan. Untuk itu penulis membatasi hal-hal sebagai berikut :
1.      Merancang Pembutan papan PCB
2.      Membuat Program Mikrokontroler sesuai dengan  alat
3.      Tidak membahas cara kerja Handphone(HP)
1.4  Metode Pengumpulan Data
            Dalam membahas suatu objek, kelengkapan data objek tersebut merupakan bagian yang harus dipenuhi guna memungkinkan dapat berfungsi sebagai referensi didalam pembahasan. Untuk melengkapi data tersebut maka penulis melakukan metode pengumpulan data sebagai berikut :
a.      Studi literatur ; penulis melakukan tinjauan pustaka yaitu mencari dan mempelajari buku-buku yang berhubungan dengan sistem ini
b.      Berpedoman pada buku yang membahas tentang rangkaian pendukung dari proyek ini, juga Laporan Tugas Akhir kakanda-kakanda senior yang telah terlebih dahulu menyelesaikan perkuliahannya
c.      Dalam perancangan sistem ini penulis melakukan percobaan yang bertujuan untuk dapat memastikan prinsip kerja masing-masing unit dari sistem yang dibuat, yaitu melakukan eksperimen dengan merangkai rangkaian secara per-blok pada project board dan melakukan pengukuran
d.      Penulis melakukan diskusi atau sharing dengan dosen pembimbing dan rekan-rekan mahasiswa serta sumber–sumber lain yang dapat dijadikan sebagai acuan dan perbandingan dalam merancang alat ini sehingga penulis mampu mewujudkan ide yang ada.

1.5  Sistematika Penulisan Laporan
Untuk mempermudah pemahaman isi dan arah dalam pembahasan masalah ini, isi laporan ini secara keseluruhan terdiri dari lima bab yang saling menunjang satu dengan lainnya. Untuk jelasnya bab-bab tersebut adalah:           
            
             BAB 1 :         PENDAHULUAN
Bab ini menguraikan latar belakang masalah, maksud dan tujuan   penulisan,  batasan masalah, metoda penulisan dan sistematika penulisan laporan.
BAB 2 :          LANDASAN TEORI
Bab ini menguraikan tentang teori-teori yang menjadi dasar atau komponen-komponen pendukung dari rangkaian yang digunakan pada sistem.
BAB 3 :          PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ALAT
Bab ini menguraikan tentang perancangan spesifikasi, Blok diagram, perancangan rangkaian mikrokontroller AT89C52, rangkaian DTMF,rangkaian catu daya, perancangan software, dan perancangan bagian mekanik.
BAB 4  :         PENGUJIAN  DAN ANALISA ALAT
Bab ini berisikan tentang pengujian hardware dan analisa sofware rangkaian.
BAB 5    :       KESIMPULAN DAN SARAN
                                    Bab ini berisikan kesimpulan dan saran-saran dari penulis







JIKA INGIN MEMILIKI ISI BUKU INI DENGAN LENGKAP.
HUBUNGI:

TELP/SMS/WA/TELEGRAM: 08112038183-081262411222
an. Hengki Matondang
Email: hengki.matondang@gmail.com

Mauliate

Comments

boleh di share gak bukunya?
The M said…
di share kmana gan
Unknown said…
Boleh di share gk bukunya ke
zuraida.hannum93@gmail.com
Unknown said…
sharre juga gan ke polderayah@gmail.com mksh
Unknown said…
share juga gan ke polderayah@gmail.com mksh
Unknown said…
Saya minta bukunya dong mas kirim di fata.untag@gmail.com
The M said…
yang mau minta bukunya.

bisa hubungi 081262411222
atau pin bb 2b137d5e


Salam
The M said…
kita pasti bantu..

bukunya lengkap
Unknown said…
lae boleh minta bukunya gak??
klo bisa mohon dishare ke email aronsiahaan0@gmail.com
mauliate...
Unknown said…
Selamat siang bang
Saya novri dari kampus pokiteknik caltex riau
Saya mempunyai tugas akhir mirip dengan punya abang
Judulny "monitoring paramater cuaca menggunakan running teks berbasis mikrokontroler"
Saya mau nnya
Bisa minta buku nya gak bang
Kalau bisa kirik ke email ini novrigiannip@gmail.com
Terima kasih bang
The M said…
OK. Maaf lama balas. Akan Segera Dikirimkan.
The M said…
https://drive.google.com/file/d/0B0MTRl0gwWzSSFFxN0owUUpMZUk/view?usp=sharing

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Anak Na Lilu

Lirik Lagu Batak

ISTILAH DAN NAMA-NAMA WAKTU, HARI, DAN BULAN DALAM BAHASA BATAK (TOBA)