PERANCANGAN PENGUAT PENGGERAK SEVEN SEGMEN 5 VOLT PADA DISPLAY NOMOR LAGU DIGITAL EMPAT DIGIT BERBASIS MIKROKONRTOLER AT89S51

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Kini peralatan elektronik sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Berbagai peralatan elektronik yang beredar di pasaran sekarang ini tentu menawarkan jenis kegunaannya sendiri. Demikian juga dalam kenyamanan dan keamanan penggunaan nomor lagu yang biasa terdapat di gereja-gereja. Seperti yang kita ketahui pada penyampaian nomor lagu sekarang ini masih dilakukan manual yaitu disampaikan secara suara atau ditulis pada papan tulis dan ini merupakan suatu masalah karena kurang efesiens umat yang mendengarkan/ penglihatan berkurang akan menjadi masalah.
Nomor lagu digital pada umumnya yang dipakai sekarang ini adalah memakai display dot matrik atau seven segmen yang sudah jadi pabrik.
Dalam kesempatan ini, penulis merancang penampil nomor lagu digital berbasis mikrokontroler. Display seven segmen yang dirancang sendiri dengan ukuran 10 x 20 cm. Keypad berukuran 4 x 4 berfungsi memasukkan nomor yang akan ditampilkan oleh mikrokontroler ke seven segmen. Seven segmen yang digunakan sebagai display membutuhkan catu daya 5 volt DC, karena arus yang diberikan oleh IC 4094 belum mencukupi kebutuhan seven segment maka penulis merancang drivernya menggunakan IC ULN 2003. Memperhatikan masalah ini maka penulis merancang penguat penggerak atau antar muka ( interface )  mikrokontroler dengan seven segmen.

1.2 Rumusan Masalah
Rumusan permasalahan dari penelitian ini dalam bidang rancang bangundapat dirumuskan sebagai berikut :
1.      Bagaimana seven segmen 5 volt berukuran besar dapat diaktifkan oleh penguat penggerak ?
2.      Bagaimana mikrokontroler mendeteksi keypad ukuran 4 x 4 dan mengaktifkan seven segmen ?
3.      Apa jenis komponen/ bahan yang dibutuhkan agar penampil nomor lagu digital dapat dirancang bangun ?

1.3 Tujuan dan Manfaat Penelitian
Adapun tujuan penulisan ini adalah :
1.      Merancang penguat penggerak seven segmen 5 volt DC berukuran besar yang  dikendalikan oleh mikrokontroler  AT89S51 .
2.      Merancang dan membuat supaya mikrokontroler AT89S51 dapat menerima data bit dari keypad ukuran 4 x 4 dan untuk mengaktifkan seven segmen.
3.      Membuat display  nomor lagu  digital berbasis mikrokontroler AT89S51.

1.4 Batasan Masalah
Untuk mendapatkan pembahasan yang maksimal pada pembuatan tugas akhir ini, penulis memberikan batasan masalah yaitu membahas :
  1. Teori dasar seven segmen, keypad 4 x 4, mikrokontroler penguat penggerak dan pemograman essembly.
  2. Perancangan alat dimulai secara blok diagram dan rangkaian setiap bagian dari blok  diagram tersebut.
  3. Merealisasikan dan uji coba alat yang dirancang bangun.
  4. Membuat analisis pembahasan untuk menarik kesimpulan.

1.5 Sistematika Penulisan
Agar pembahasan pada tugas akhir ini terperinci dan terarah maka penulisannya disusun dengan sistematika sebagai berikut :
BAB I   :         PENDAHULUAN
    Bab ini berisi uraian tentang latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, batasan masalah, manfaat penelitian, sistematika penulisan.
BAB II  :        LANDASAN TEORI
Bab ini menyajikan teori – teori dasar yang mendukung perancangan meliputi : penjelasan umum AT89S51, seven segmen, keypad, driver dan dasar pemograman teori essembly, transistor sebagai saklar, IC ULM 2003.
BAB III :        PERANCANGAN SISTEM
Bab ini membahas tentang perancangan sistem yang dimulai dengan perancangan sistem dari setiap bagian rangkaian yang membangun sistem terdiri dari rangkaian mikrokontroler AT89S51, seven segmen, driver, dan perancangan rangkaian keseluruhan serta penjelasan cara kerja sistem.
BAB IV :        REALISASI DAN PENGUJIAN
Bab ini menerangkan sistem serta pengujian pada setiap bagian rangkaian yang membangun sistem.
BAB V :         KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini merupakan kesimpulan, dan saran dari hasil penulisan laporan Tugas Akhir ini.

DST

Comments

Unknown said…
mas. minta file lengkapny lah?

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Anak Na Lilu

Lirik Lagu Batak

ISTILAH DAN NAMA-NAMA WAKTU, HARI, DAN BULAN DALAM BAHASA BATAK (TOBA)