Troubleshoting DVR dan Camera

Permasalahan yang sering terjadi Di DVR dan Kamera
  1.  DVR Mati Total , Lampu Indikator DVR mati
  2.  DVR terlalu lama Booting Ke Tampilan Menu atau Tampilan Normal
  3.  DVR tidak Bisa Playback
  4.  DVR tidak Bisa Online
  5.  Hasil Playback tidak Normal
  6.  Hasil Playback Pecah atau gambar tidak jelas
  7.  Backup Error
  8.  Gambar Kamera Mati
  9.  Gambar Kamera Bertukar chanel
  10.  Gambar Kamera Hidup Mati
  11.  Gambar Kamera Berubah warna
  12.  Gambar Kamera Gelap sewaktu Lampu atau cahaya tidak ada
  13.  Gambar kamera Hitam Putih
  14.  Gambar Kamera Gelap dan Infra Red Hidup
  15. Tanggal Kembali Ke 2 atau 3 tahun sebelumnya

Langkah awal yang Harus di Periksa
  • DVR Mati Total
Periksa Adaptor DVR apakah ada aliran listrik dengan Menggunakan Multi Tester Digital, jika adaptor dvr nya baik maka tegangan yang tertera di multi tester 12v dc. jika tidak ada atau tegangan di bawah 10 v dv berarti adaptor rusak.
jika adptor dvr nya baik tapi dvr nya tetap mati , periksa alur pcb dvr dan periksa apakah ada ic stabiliser dvr nya terbakar, biasanya ic stabilisernya yang rusak . hal ini juga berlaku jika lampu indikator dvr menyala tapi dvr mati total.
  • DVR terlalu lama Booting Ke Tampilan Menu atau Tampilan Normal
Bisanya dvr yang lama botting ke menu kerusakannya di HDD dvr, kemungkinan HDD terlalu panas, HDD sudah lama 2 thn lebih, Batre Cmos sudah rusak.
Periksa HDD nya apakah panas normal atau dingin seperti tidak terpakai, cabut kabel data hdd dan hidupkan kembali dvrnya, jika dvr botting normal berarti HDD nya rusak
  • DVR tidak Bisa Playback
Hal ini juga berlaku jika HDD nya yg sudah Full, coba format HDDnya dan Format Factory DVRnya, Biasanya setelah di format akan kembali normal dan setting dvrnya di bagian menu HDD ” read and write “.
  • DVR tidak Bisa Online
periksa Ip dvr dan gatewaynya, coba online dengan local area, jika online dengan local area bisa tapi online dengan ip publik tidak bisa , coba cek modem adsl nya apakah ip dvr masih tersimpan di NAT modem.
permasalahan biasanya di modem adsl, atur ulang modem adsl nya. ada beberapa modem yg tidak bisa untuk online cctv dan saya rekomendasikan hanya TP link Atau DLink .
  • Hasil Playback tidak Normal
Hasil tidak normal di kategorikan hasil rekaman patah2 seperti jalan robot, biasanya ini juga di HDD nya, dan coba sewaktu playback coba dengan 1 kamera saja, biasanya normal jika playback dengan 1 kamera saja. jika masih seperti jalan robot atau lompat 3 atau 4 detik biasanya hdd , coba untuk memformat hdd dengan jangja 1 bulan sekali, karena kwalitas dvr tidak seperti komputer.
  • Hasil Playback Pecah atau gambar tidak jelas
coba periksa settingan hasil rekaman di dvr dan pilih HD1 atau D1, dvr sekarang sudah support format D1 dan HD1 jadi jika di hidupkan di layar monitor 24 inci akan baik, tapi jika dvr nya format cif hasil rekaman maka akan terlihat kabur atau pecah di layar besar, coba cari layar monitor 18 inci atau coba backup dan hidupkan di laptop atau komputer

Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Anak Na Lilu

Lirik Lagu Batak

ISTILAH DAN NAMA-NAMA WAKTU, HARI, DAN BULAN DALAM BAHASA BATAK (TOBA)