Dolok Pinapan

Dolok Pinapan
Dolok Pinapan
Sedikit cerita tentang Dolok pinapan ini yang mungkin sangat bagus jika anda mengetahuinya.
Dulu di daerah Dolok Pinapan ini, ceritanya ada emas sebesar kepala kuda. Adapun cerita tentang emas ini adalah berawal dari mimpi 2 orang anak yang bersamaan. Bisa dibaca ceritanya disini.
Sebelumnya agar kita Tahu Lokasi gunung ini adalah di sebuah Daerah di Kota Sumatra utara yaitu Kota Pakkat Humbang Hasundutan. Tinggi gunung ini mencapai hingga 2037 meter Dpl. Sehingga jika keinginan kita mau memandangi indahnya wilayah tapanuli sebagian sungguh menyenangkan. Dibawah gunung  ini terdapat sebuah laut, yaitu Laut Barus yang pada umumnya sering dikunjungi para Tourist dari Luar Negri maupun dalam Negri.
Dari atas Gunung yang berketinggian sampai 2037 meter DPL itu, anda bisa memandangi dengan luas wilayah lepas perasaan anda. Dari ujung sana, kita bisa melihat daerah atau kota2 seperti Aceh, Laut Barus yang Indah sekali dipandang dari sana, tak luput juga, Kota Dolok sanggul yang terlihat ramai.
Masyarakat disana adalah rata-rata petani, walaupun belakangan ini mereka sebagian lebih menggiatkan mejadi PNS. sehingga jika kita melintasi daerah Dolok Pinapan sana, kurang memuaskan lagi. disebabkan karena lahan sebagian tidak terpakai.
Dolok Pinapan ini terletak dibagian timur kota Pakkat Humbang Hasundutan.
Agar lebih mengetahui, bahwa di Dolok pinapan ini pernah didirikan sebuah tambang emas yang menurut prediksi saya akan mengubah kehidupan masyarakat disana jika tambang tersebut berlanjut. Namun entah kenapa,  tambang tersebut tidak berlanjut denga lama.
Sekarang gunung itu masih terlihat megah ebrdiri melindungi dan memberikan kehidupan yang jernih bagi masyarakat Pakkat Tentunya.
Untuk itu marilah kita jaga bersama, dan melestarikan Gunung tersebut.
Horas………..


2011 ©Hengki® Matondang™

Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Anak Na Lilu

Lirik Lagu Batak

LIRIK LAGU BATAK II