Driver Motor Stepper

Motor stepper yang digunakan adalah motor stepper unipolar. Motor stepper ini bekerja pada tegangan 12 s/d 15 volt. Pada perancangan ini motor stepper akan dikendalikan mikrokontroller, dimana output dari mikrokontroller adalah 5 volt, sehingga dibutuhkan sebuah driver sebagai perantara antara mikrokontroller dan motor stepper. Rangkaian perantara ini biasa disebut dengan driver motor stepper. Rangkaian driver motor stepper ini menggunakan prinsip transistor sebagai saklar. Rangkaiannya ditunjukkan pada gambar :

Rangkaian ini terdairi dari 4 buah transistor NPN TIP 122. Masing-masing transistor dihubungkan ke P0.4, P0.5, P0.6 dan P0.7 pada mikrokontroler AT89S51. Digunakan TIP122 karena transistor ini dapat mengalirkan arus sampai dengan 5 ampere dan membutuhkan arus yang kecil untuk saturasi, maka RB dapat dirancang sebagai berikut:



Dari perhitungan diatas maka basis dari masing-masing transistor diberi tahanan 1 Kohm untuk membatasi arus yang masuk ke transistor. Kolektor dihubungkan dengan kumparan yang terdapat pada motor stepper, kemudian kumparan dihubungkan dengan sumber tegangan 6,2 volt.dan emitor dihubungkan ke ground.
Jika P0.4 diberi logika high (1), yang berarti basis pada transistor TIP 122 mendapat tegangan 5 volt, maka transistor akan aktif. Hal ini akan menyebabkan terhubungnya kolektor dengan emitor, sehingga kolektor mendapatkan tegangan 0 volt dari ground. Hal ini menyebabkan arus akan mengalir dari sumber tegangan 6,2 volt ke kumparan, sehingga kumparan akan menghasilkan medan magnet. Medan magnet ini akan menarik logam yang ada pada motor, sehingga motor mengarah pada kumparan yang memiliki medan magnet tesebut.
Jika kemudian P0.4 di beri logika low (0), yang berarti transistor tidak aktif dan tidak ada arus yang mengailr pada kumparan, sehingga tidak ada medan magnet pada kumparan. Dan disisi lain P0.5 diberi logika high (1), sehingga kumparan yang terhubung ke P0.5 akan menghasilkan medan magnet. Maka motor akan beralih kearah kumparan yang terhubung ke P0.5 tersebut. Seterusnya jika logika high diberikan secara bergantian pada input dari driver motor stepper, maka motor stepper akan berputar sesuai dengan arah logika high (1) yang diberikan pada inputnya.
Untuk memutar dengan arah yang berlawanan dengan arah yang sebelumnya, maka logika high (1) pada input driver motor stepper harus diberikan secara bergantian dengan arah yang berlawanan dengan sebelumnya.

Copyright ©Hengki®Matondang™

Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Anak Na Lilu

Lirik Lagu Batak

LIRIK LAGU BATAK II